Penanganan Hasil Perikanan (PHP)

Penanganan Hasil Perikanan..

Kita tahu bahwa Ikan merupakan hewan yang mudah busuk sehingga banyak orang yang masih belum tahu cara penanganan ikan yang baik dan benar. Sebenarnya ada faktor-faktor yang mempengaruhi mutu ikan. Jika kita sudah mengetahui faktor faktor tersebut,kita bisa meminimalisir pembusukan pada ikan tresebut. Saat ikan hidup,sudah terdapat bakteri yang menempel pada tubuh ikan,berkisaran sekitar 10 sampai 10 gram pada insang ikan sedangkan pada perut lebih relativ sedikit akan tetapi apabila perut mengalami kekenyangan akan mengandung 10 gram bakteri. Berikut ini merupakan faktor yang mempengaruhi mutu ikan :

1. Faktor biologis Faktor ini terdapat pada ikan itu sendiri yaitu jenis ikan,besar ikan dan biologisnya sendiri. Ikan yang masih kecil akan mudah membusuk dibanding ikan yang sudah dewasa hal ini dikarenakan ikan ang masih kecil mempunyai daging yang belum kompak dan permukaan dagingnya yang masih sempit. Jika permukaan daging sempit otomatis bakteri akan cepat menyebar dan cepat pula pembusukan pada ikan,berbeda dengan jenis ikan yang sudah dewasa. Jika pada ikan dewasa daging ikan sudah mulai kompak dan permukaan tubuh luas sehingga bakteri untuk berkembangbiak akan relatif lama dibanding dengan ikan yang masih kecil. Pada ikan yang masih kenyang,dinding perut akan mengalami penguraian dan pembusukan. Jenis makanan juga berpengaruh pada mutu ikan. Tingkat kedewasaan seksual ikan juga berpengaruh.

2. Faktor penanganan Penangananan itu sendiri perlakuan yang dilakukan oleh manusia terhadap ikan itu sendiri. Pada saat ikan yang baru saja ditangkap dan sampai ke konsumen terdapat proses penanganan yang harus lebih hati hati dalam penanganannya. Cara penangkapan juga berpengaruh semisal ikan yang ditangkap dengan gill net atau trawl akan berbeda mutunya dengan ikan yang ditangkap dengan alat tangkap paying atau purseine. Jika ikan mengeluaran tenaga banyak maka semakin cepat pula ikan mengalami pembusukan. Penanagan di kapal juga berpenagruh . saat ikan mulai ditangkap,perlu penanganan yang ekstra hati-hati. jangan sampai ikan mati dengan cara lama,hal ini dikarenakan akan mempercepat pembusukan.

 

llllllllkkkkk  lllllllllllll   ClickHandler.ashx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s